Kamis, 09 September 2021

3.1.a.7. Demontrasi Kontekstual -Pengambilan Keputusan sebagai pemimpin pembelajaran

Saya sebagai guru merupakan pemimpin pembelajaran bagi murid dan  bagian dari stakeholder di sekolah. Akan banyak situasi disekolah yang akan terselesaikan dengan efektif setelah mengetahui dilema etika dan bujukan moral, 4 paradigma pengambilan keputusan, 3 prinsip pengambilan keputusan, dan 9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan. Keberhasilan seorang pemimpin dalam mengemban salah satu tugas tersulit, yaitu mengambil suatu keputusan yang efektif. Keputusan-keputusan ini, secara langsung atau tidak langsung bisa menentukan arah dan tujuan institusi atau lembaga tempat saya menjalankan tugas keprofesian saya.Berikut merupakan demontrasi kontestual saya dalam mempraktikan teori pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajar.
 

Bagaimana Anda nanti akan mentransfer dan menerapkan pengetahuan yang Anda dapatkan di program guru penggerak ini di sekolah/lingkungan asal Anda?

Cara saya mentransfer pengetahuan yang telah saya dapat dari program guru penggerak ini adalah dengan mengadakan diskusi formal maupun nonformal baik dilingkungan sekolah tempat saya mengajar ataupun di luar sekolah misalnya melalui kegiatan MGMP Bahasa Indonesia SMA Kota Bandar Lampung.

Apa langkah-langkah awal yang akan Anda lakukan untuk memulai mengambil keputusan berdasarkan pemimpin pembelajaran?

Langkah awal yang akan saya lakukan adalah

  • Menentukan siapa yang akan saya ajak untuk bekerja sama dalam kegiatan tersebut.
  • Berdiskusi dengan rekan sejawat tersebut terkait kegiatan yang akan dilaksanakan misalnya forum diskusi formal maupun nonformal.
  •  Mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat kegiatan yang akan dilakukan dan memperaktikan prinsip pengambilan keputusan dan melakukan sembilan langkah pengujian dan pengambilan keputusan. 
  • Mengatur jadwal kegiatan
  •  Evaluasi dan refleksi

Mulai kapan Anda akan menerapkan langkah-langkah tersebut, hari ini, besok, minggu depan, hari apa? Catat rencana Anda, sehingga Anda tidak lupa.

Mulai hari ini, Jumat 10 September 2021.

Siapa yang akan menjadi pendamping Anda, dalam menjalankan pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran? Seseorang yang akan menjadi teman diskusi Anda untuk menentukan apakah langkah-langkah yang Anda ambil telah tepat dan efektif.

Rekan sejawat saya di sekolah bernama Delvi Iskandar, M.Pd. selaku guru bahasa Indonesia SMA YP unila, Ibu Meilisa, M.Pd., Pak Yuli Hariyanto rekan sejawat di MGMP Bahasa indonesia SMA beliau akan menjadi teman diskusi saya dalam melaksanakan rencana kegiatan mentrasfer ilmu dari program guru penggerak ini.

Berikut kegiatan MGMP Bahasa Indonesia SMA yang telah saya lakukan pada bulan Agustus secara virtual dengan agenda pengenalan program guru penggerak dengan narasumber saya Iis Widaningsih, S.Pd. Calon guru penggerak angkatan dua.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar