Jumat, 02 Juli 2021

 PGP-ANGKATAN 2-KOTA BANDAR LAMPUNG- IIS WIDANINGSIH-1.4 AKSI NYATA

Artikel Aksi Nyata - Budaya Positif



Latar Belakang

Permasalahan yang terjadi antara guru dan murid sering kali terjadi terutama berkaitan dengan komunikasi antara guru dan murid. Terutama ketika murid melanggar aturan dengan alas an tidak mengetahui adanya aturan tersebut. Kurang adanya komunikasi ini menyebabkan relasi murid dan guru menjadi kurang baik. Membangun komunikasi sejak awal merupakan hal yang penting dalam mewujudkan pembelajran yang efektif di kelas sehingga permasalahan seperti di atas tidak terjadi lagi.

Mewujudkan komunikasi antara guru dan murid secara efektif salah satu dapat melalui penerapan budaya positif. Menerapkan disiplin positif berarti membekali murid dengan keterampilan sosial dan mendukung pertumbuhan karakter yang baik seperti rasa hormat, kepedulian terhadap orang lain, komunikasi yang efektif, pemecahan masalah, tanggung jawab kontribusi, kerja sama.

Budaya positif yang dapat meningkatkan komunikasi antara guru dan murid adalah dengan penerapan kesepakatan kelas. Budaya ini membantu murid merasa dihargai dan memiliki keterikatan antara dirinya dengan guru dan teman di kelasnya, sehingga ia merasa menjadi bagian dari kelas sehingga komunikasi antar guru dan siswa semakin efektif.

Deskripsi Aksi Nyata

Kesepakatan kelas dilakukan melalui beberapa langkah pertama mengodisikan murid guru dan siswa mendiskusikan tujuan dan manfaat kesepakatan kelas dibuat. Langkah kedua mengeksplorasi kebutuhan murid pada tahap ini guru dan siswa mengekplorasi harapan dan tujuan, kesepakatan kelas tidak hanya berisi harapan guru terhadap murid, tapi juga harapan murid terhadap guru dan mendiskusikan komitmen dalam mencapai harapan dan tujuan agar tercapai secara efektif. Langkah ketiga adalah menyusun kesepakatan dengan langkah ini guru dan siswa merumuskan kesepakatan dengan beberapa kalimat singkat yang positif. Langkah terakhir siswa mempublikasikan kesepakatan kelas di depan kelas.

Kesepakatan kelas dilakukan dengan memenuhi prinsip Kesepakatan harus disusun dengan jelas sehingga murid dapat memahami perilaku apa yang diharapkan dari mereka. Kesepakatan diperbaiki dan dikembangkan secara berkala, seperti setiap awal semester. Untuk mempermudah pemahaman murid.

Hasil Aksi Nyata

Hasil aksi nyata penerapan budaya positif di sekolah adalah kesepakatan kelas bersama siswa kelas X MIPA 7.

Kegagalan dan Keberhasilan

Kegagalan dalam proses menyusun kesepakatan kelas adalah masih ada murid yang tidak mengikuti poit kesepakatan kelas. Sedangkan keberhasilnya adalah sebagian besar murid memiliki komitmen menerapkan kesepakatan kelas secara konsisten

Pembelajaran yang didapat Pembelajaran yang didapat dengan membuat kesepakatan kelas adalah

1. Saling menghargai saat teman menyampaikan argumentasi

2. Saling mendukung dan menguatkan

3. Terjalin komunikasi yang efektif

4. Tercipta demokrasi di kelas

5. Tercipta kesepakatan Bersama

Dokumentasi Proses








 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar